Berita Boyolali Menuju Tertib Administrasi Kependudukan



Posted on: 31 Jul 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI - Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan (adminduk), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Boyolali mengadakan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan di Pendopo Gede Boyolali pada Selasa, (30/7/2019). Sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah. Diikuti sebanyak 300 orang dari unsur OPD terkait, organisasi Masyarakat se-Kabupaten Boyolali, jajaran Kemenag termasuk Kantor Urusan Agama se-Kabupaten Boyolali, unsur perbankan, dan Petugas Registrasi Desa di Boyolali.

Sekretaris Daerah Kabupaten Boyolali, Masruri yang membuka acara menghimbau pelayanan adminduk bisa dipercepat.

"Agar segala bentuk kepengurusan surat menyurat bisa dipercepat, karena saat ini prosesnya tidak membutuhkan biaya," ungkap Masruri.

Pihaknya mengimbau warga di tiga kecamatan baru hasil pemekaran dapat dilayani adminduknya berdasar kebutuhan dan bertahap mengingat jumlahnya sangat banyak. Hal ini diharapkan untuk dipahami semua pihak terlebih masyarakat yang bersangkutan.

“Yang menjadi masalah saat ini, tiga Kecamatan baru Tamansari, Gladagsari, dan juga Wonosamodro membutuhkan 90.000 keping untuk mengganti KTP. Sedangkan jumlah keping yang ada saat ini belum mencukupi. Untuk proses pembuatannya tidak semuanya langsung jadi, tergantung dari kebutuhan masyarakat," imbuh Masruri.

Diharapkan Masruri, dengan sosialisasi ini dapat diinformasikan kepada masyarakat. Adminduk wajib dimiliki setiap warga negara untuk itu diminta segera mengurus baik itu KTP-el atau dokumen lain seperti surat nikah bagi yang belum memilikinya. Dengan tidak adanya dokumen adminduk akan menghambat berbagai urusan, seperti halnya terkait warisan. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD