Berita Segoro Muncar dari Wonosegoro Sabet Juara II FK Metra Jawa Tengah



Posted on: 27 Aug 2018 Oleh Web Admin

SEMARANG – Dalam waktu dekat, warga Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi yang tentu saja akan mengundang banyak konflik pro maupun kontra. Akan tetapi, hal tersebut perlu adanya kesadaran dari masing – masing warga Indonesia agar dapat menjaga Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 agar damai dan tidak menyebarkan berita bohong yang tidak jelas kebenarannya atauhoax.

Hal tersebut merupakan gambaran lakon dengan tema “Pilkada Damai” yang ditampilkan kelompok Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Boyolali. Tim tampil pada putaran final Festival Pertunjukan Rakyat FK Metra Provinsi Jawa Tengahtahun 2018 yang dilaksanakan di Panggung Budaya Jateng Fair, PRPP Semarang pada Minggu (26/8).

Menampilkan tokoh pewayangan Punakawan, kelompok Segoro Muncar yang berasal dari Kecamatan Wonosegoro ini menyajikan sebuah drama yang mampu memberikan pesan sekaligus imbauan kepada masyarakat untuk berhati hati dalam menerima berita. Menggunakan bahasa Jawa yang lugas dan mudah diterima dengan sedikit humor, penampilan Segoro Muncar sukses menghibur dan memancing gelak tawa pengunjung PRPP saat itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali, Abdul Rahman yang mendampingi mengatakan, mendekati gelaran Pemilu 2019, akan terjadi gejolak di masyarakat yang menjadikan aksi aksi pro dan kontra. Oleh karenanya, dirasa tepat kiranya apabila lakon Pilkada Damai ini memberikan tampilan seni yang mampu memberikan pesan positif.

“Melalui rekan-rekan tim ini, telah menyampaikan pesan dimana semestinya jika kita menghadapi situasi seperti itu, tetap rukun, tetap damai, tetap guyup tanpa esensi negatif dengan melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya di sela acara.

Di akhir adegan, disampaikan saat salah satu tokoh yakni Semar menyampaikan pesan yang bermanfaat, bukan hanya ditujukan untuk anak anaknya saja akan tetapi juga pesan untuk masyarakat Indonesia.

“Romo [Semar-red] juga menyampaikan suatu wejangan kepada para putranya agar di dalam menyikapi kondisi Pemilu 2019 dengan cara yang bijak dan memilih pemimpin dengan pedoman yang ditentukan oleh norma, Undang Undang dan etika masyarakat,” pungkasnya.

Lakon Semar, Gareng, Petruk dan Bagong ini pun berhasil mencuri perhatian dari dewan juri yang  menilai. FK Metra Kabupaten Boyolali keluar sebagai Juara II tingkat Provinsi Jawa Tengah mengalahkan tim dari Kabupaten Banyumas, Rembang, Karanganyar, Wonosobo. Sedangkan tim dari Kota Semarang berhasil menjadi Juara I mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk berlaga di tingkat selanjutnya. (Tim Liputan Diskominfo)

Berita

Pengumuman

Link SKPD