Berita Catatan Perjalanan Duta Seni Boyolali 2018 ke Negara Skandinavia : (14) Pentas di Museum Seni Anak Internasional di Oslo



Posted on: 01 Aug 2018 Oleh Web Admin

OSLO – Baru tiba pada Senin (30/7) sore di Oslo; Norwegia, tim Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali 2018 langsung tancap gas memulai lawatan pentas. Sebagai tempat perdana untuk mengenalkan budaya Boyolali melalui seni tari ini digelar pada Selasa (31/7) di Museum Seni Anak Internasional di kota setempat. Usai melakukan koordinasi dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo, tim telah siap di museum yang didirikan pada tahun 1986 oleh Yayasan Sejarah Anak, Seni dan Budaya ini.

Ketika museum mulai buka pada pukul 11.00 waktu setempat, para pelajar Boyolali ini sudah siap dengan kostum dan tata rias lengkapnya. Namun demikian pentas baru akan dimulai pada pukul 13.00 sembari menunggu museum mulai lumayan ramai kunjungan. Pada museum yang berisi koleksi karya seni anak dari 180 negara baik lukisan, patung dan karya seni lainnya Duta Seni akan membawakan enam tari andalan. Tarian tersebut yakniKusuma Bangsa, Bedhaya Mantenan, Jaran Kepang Boyolali dan Kala Kridha serta Gotong Royong dan Topeng Ireng Gugur Gunung.

Setiap selesai menari dua jenis tarian, para pelajar Boyolali ini mengajak berinteraksi anak dengan mengajarkan gerakan tarian sederhana hingga diajak menari bersama. Tampak antusiasme pengunjung terutama anak-anak menyaksikan jenis tarian tradisional ini. Mereka datang ke museum bersama orang tuanya di kala waktu masih dalam liburan musim panas ini. (mjk)

Berita

Pengumuman

Link SKPD