Berita Pemkab Anggarkan Rp 1,2 Miliar Untuk Bantuan Tempat Ibadah Boyolali Di Tahun 2018



Posted on: 23 May 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI - Gelaran buka puasa bersama (bukber) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali pada Ramadan 1439 Hijriyah atau 2018 ini terasa spesial. Masjid sebagai lokasi bukber di 19 kecamatan memperoleh bantuan masing-masing sebesar Rp 10 juta. Seperti yang dijelaskan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Boyolali, Hendrayanto B.L di lokasi bukber tim I di masjid At Taubah area Kantor Desa Gedangan; Kecamatan Cepogo pada Selasa (22/5).

"Bantuan sebesar masing-masing Rp 10 juta diberikan bagi takmir masjid yang ketempatan bukber tahun 2018 yang diusulkan pada tahun 2017 dan yang telah mengajukan proposal kepada Bupati Boyolali," ujarnya.

Lebih lanjut Hendrayanto menjelaskan, dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Boyolali tersebut dapat digunakan untuk rehab tempat ibadah, menambah bangunan atau menambah fasilitas lain. Pihaknya mempersilakan semua tempat ibadah di Boyolali mengajukan bantuan. Disampaikan bahwa bukan hanya masjid saja namun bisa untuk pura, gereja Kristen atau Katholik maupun vihara.

"Silakan diajukan bantuan, kita akan cek lokasi. Kalau memenuhi syarat akan kita fasilitasi untuk pemberian bantuan karena anggaran yang disiapkan dari semula Rp 600 juta, akan bertambah menjadi total 1,2 milyar," imbuhnya.

Meski demikian lebih lanjut Hendrayanto menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya yakni status tanah jelas.

"Kalau tanah pribadi statusnya harus sudah wakaf. Kalau tanah kas desa harus ada surat pernyataan dari Kepala Desa bahwa tanah kas Desa tersebut digunakan untuk masjid," terangnya

Syarat selanjutnya tempat ibadah tersebut sudah didaftarkan di Kementerian Agama (Kemenag) dan sudah mendapat surat keterangan dari Kemenag.

Yang terakhir memiliki struktur pengurus yang jelas.

Sebagai informasi bukber di wilayah Kecamatan Cepogo ini dihadiri tim I dengan pimpinan rombongan Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto. Rombongan didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal serta dihadiri Kepala Desa se-Kecamatan Cepogo dan tokoh masyarakat serta warga setempat.

Sementara di lokasi berbeda untuk tim II dipimpin Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat di Masjid Jami' yang berada di Dukuh Ngemplaksuren; Desa Karangduren; Kecamatan Sawit. (mjk/dst).

Berita

Pengumuman

Link SKPD