Berita Buka Puasa Bersama, Baznas Serahkan Jadup Bagi Warga Tidak Produktif



Posted on: 22 May 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI - Pada setiap gelaran buka puasa bersama (Bukber) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali pada Ramadan 1439 Hijriyah atau 2018 ini selalu diikuti tim dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Boyolali. Baznas selalu menyerahkan paket sembako atau diistilahkan jatah hidup (Jadup). Pada momen bukber ini sebanyak 23 paket tersebut diserahkan di masing-masing kecamatan bagi penerima.

"Fakta di lapangan banyak orang kurang beruntung dari sisi ekonomi. Kemudian sudah usia tidak produktif. Maka dalam rangka menjamin kelangsungan hidup mereka program kami ada bantuan namanya jatah hidup (Jadup)," terang Ketua Baznas Boyolali, Jamal Yazid disela acara bukber di masjid Al Fatah Dukuh Jetaksari; Desa Urutsewu; Kecamatan Ampel pada Senin (21/5).

Program Jadup ini menurut Jamal dikerjasamakan dengan Bank Boyolali dan BRI dalam rangka penyalurannya. Dalam setahun penerima mendapat uang Rp 1,2 juta dan bisa dicairkan setiap tiga bulan.

"Orangnya tergantung usulan. Bisa dari usulan masyarakat atau data gakin [keluarga miskin] Pemkab atau temuan kami di lapangan. Bisa juga yang cacat tetap dari keluarga yang tidak mampu. Yang penting kami verifikasi itu fakta," imbuh Jamal.

Dalam bukber di wilayah Kecamatan Ampel ini dihadiri tim II dengan pimpinan rombongan Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat. Wabup didampingi sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Boyolali serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta dihadiri Kepala Desa se-Kecamatan Ampel dan tokoh masyarakat serta warga setempat.

Wabup berpesan dalam suasana kedamaian Ramadan ini dengan menjaga semangat kekeluargaan dan kebersamaan.

"Hadir bertemu kembali dalam bulan Ramadan menjadi kedamaian dan kesejukan yang harus tetap kita jaga bersama dalam rasa persaudaraan dan persatuan kita semua," ungkap Wabup Said.

Sementara di tempat terpisah tim I dipimpin Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto bersilaturahmi dan bukber di masjid Amanah Dukuh Kriyan; Desa Dukuh. Selaku wakil rakyat, S. Paryanto tidak bosan menyerukan pesan semangat kerukunan meski dalam perbedaan.

Masing-masing tim juga menyerahkan paket bantuan bagi takmir masjid setempat. Bantuan berupa paket buku iqra, sajadah, sarung dan mukena. (mjk/dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD