Berita Rekayasa Lalin Konser Europe



Posted on: 11 May 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Hajatan Volcano Rock Festival 2018 yang mengusung band rock kelas dunia Europe di Boyolali harus benar sukses pada Sabtu (12/5) malam. Segala persiapan telah dilakukan dengan matang dari segala fasiliyas sarana dan prasarananya. Stadion Pandan Arang sebagai tempat konser siap dipermak menyambut band legendaris asal Swedia ini. Ribuan penonton dipastikan akan hadir di Boyolali menyaksikan band yang familiar dengan lagu The Final Countdown ini. Sementara akses lalu lintas (lalin) di kawasan Boyolali kota tak boleh terganggu mengingat wilayah Boyolali kota merupakan jalur utama Solo-Semarang. Selanjutnya jajaran Satlantas Polres Boyolali dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali telah merekayasa lalu lintas dari arah Solo menuju Semarang atau sebaliknya.

Kasatlantas AKP Marlin Supu Payu, mewakili Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi menyampaikan ada dua bentuk rekayasa lalin yang akan diberlakukan saat pergelaran konser Europe dan God Bless. Pengalihan arus dan buka tutup arus lalu lintas. Rekayasa lalin itu mulai dilakukan sejak pukul 11.00 WIB sampai selesainya pergelaran konser.

Pengalihan arus dilakukan untuk kendaraan dari arah barat (Semarang). seluruh kendaraan dari arah Semarang dialihkan melalui jalur lingkar utara. Kemudian jalur dari lingkar utara ke tengah Kota juga akan ditutup total.

“Warga sekitar saja yang boleh masuk ke jalur yang ditutup tersebut,” kata Marlin.

Sedangkan arus di jalur lingkar selatan atau jalan Perintis Kemerdekaan yang dari arah barat sesampainya di depan markas Yonif 408 di belokkan keselatan ke arah Ngangkruk, Mojosongo. Sementara untuk arus lalin dari timur seluruh kendaraan dialihkan melalui jalur tengah kota.

“Dari SMK N 1 Mojosongo langsung kebarat. Jadi kendaraan besar tak lagi ada yang melintas di jalur Lingkar Selatan. Semua masuk tengah kota,” kata Marlin.

Pengalihan arus tak hanya itu saja, kendaraan dari arah klaten yang melalui jalan Provinsi Klaten-Boyolali yang hendak ke arah semarang dialihkan melalui kawasan Pemkab Boyolali. Yakni kendaraan dari arah timur,sesampainya di depan Satpol PP dibelokkan keutara. Sesampainya di jalan Boulevard Soekarno lalu belok ke barat masuk ke tengah kota.

“Sedangkan arus dari arah Klaten yang melalui dan Mojosongo yang mau ke Semarang. sesampainya di 408 dibelokkan ke arah barat langsung melalui jalan Perintis,” terang Marlin.

Terpisah, Kasi Keselamatan pada Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Dishub Boyolali,  Eka Wijananta menambahkan rekayasa lalin ini diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas Solo-Semarang dan pengunjung konser. Pihaknya juga tak menutup kemungkinan akan melakukan sistem buka tutup jalan juga jika dibutuhkan.

“Misalnya diperempatan 408. Yang berdekatan dengan lokasi konser. Lalu lalang pengunjung pasti ada. Putugas disana akan bekerja maksimal,” imbuh Eka. (Tim Liputan Diskominfo)

Berita

Pengumuman

Link SKPD