Berita Kawasan Rumdin Bupati Dimanfaatkan Warga Sebagai Ruang Terbuka Publik Yang Murah Meriah



Posted on: 06 Apr 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Seperti diketahui kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali yang lama di Jalan Merbabu di wilayah Kelurahan Siswodipuran; Kecamatan Boyolali telah pindah lokasi dengan boyongan pada September 2013 silam menuju Kompleks Perkantoran Pemkab Boyolali di Kelurahan Kemiri; Kecamaatn Mojosongo. Bangunan yang tersisa kini berupa pendopo dan rumah dinas bagi Bupati Boyolali. Bangunan pendopo yang lebih dikenal dengan julukan Pendopo Alit, sekarang telah menjadi ikon baru di Boyolali. Kini kawasan tersebut semakin nyaman dengan kerindangan pohon-pohon langka dan terbuka bagi siapapun yang hendak berkunjung walah hanya untuk  sekadar berfoto.  Fasilitas di sekeliling pendopo kini sudah semakin mendukung sebagai kawasan publik hijau di Boyolali.




Pendopo Alit yang berada tepat di bagian depan kompleks dengan bangunan yang masih mempertahankan bentuk aslinya. Pendopo Alit dewasa ini sering digunakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun organisasi serta masyarakat untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti untuk rapat, pertemuan, maupun kegiatan lain.

Selain itu, suasana di depan rumah dinas semakin semarak dengan adanya berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat jika sore menjelang. Seringkali dijumpai, setiap sore terdapat para pengendara motor yang menjajal kemampuan freestyle mereka. Raungan suara motor yang digeberfreestyler tersebut, selalu mendapat perhatian masyarakat. Tak ayal, lokasi freestyle yang berada di pinggir jalan ini otomatis menarik perhatian dan memaksa pengendara kendaraan untuk berhenti sejenak menikmati aksi akrobat kendaraan sepeda motor. Bahkan sering  kali pada malam hari libur dijadikan tempat berkumpulnya sejumlah komunitas untuk menggelar kopdar disana.

Selain aksi freestyle pengendara motor, di sisi sebelah selatan Pendopo Alit terdapat lapangan basket yang digunakan pehobi basket bermain dan berlatih.

Melihat antusiasme masyarakat berkumpul, tidak dilewatkan begitu saja oleh para pengusaha kuliner. Mereka membuka lapak di bawah pohon beringin yang bisa disebut sor ringin [bawah pohon beringin] tua yang tumbuh menjulang di depan Kompleks Rumah Dinas Bupati. Mulai dari minuman hingga berbagai macam makanan yang mampu menggoyang lidah dengan cita rasanya.

Salah satu pengunjung, Drajad Yanuar mengaku cukup sering bersantai di kawasan Kompleks Rumah Dinas tersebut. Lalu lalang kendaraan yang melintas dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu, membuatnya betah bercengkerama bersama teman – temannya.

“Biasanya setelah bermain basket, saya istirahat sejenak di bawah pohon beringin sambil menikmati kuliner,” ujarnya saat ditemui Jumat (6/4) sore.

Sementara di bagian depan juga terdapat Masjid Agung yang dipergunakan untuk aktifitas ibadah dan kegiatan agama Islam. Terdapat pula Taman Arca Boyolali yang menyimpan berbagai penemuan benda purbakala di Boyolali pada sisi samping pendopo. Kemudian ada Taman Pandan Arum yang rindang dan asri yang dilengkapi puluhan rusa totol dan sangkar burung raksasa berbentuk kubah yang saat ini berisi burung merak. Tempat ini kini selalu ramai dikunjungi warga ini terlebih yang bersama keluarga dan buah hatinya.

Untuk Taman Pandan Arum sendiri terdapat café dari kontainer yang disulap menjadi warung kuliner pada malam hari. Warung tersebut menyediakan menu berupa nasi goreng, bakmi goreng dan angkirngan atau HIK dengan harga terjangkau. (Tim Liputan Diskominfo Boyolali).

Berita

Pengumuman

Link SKPD