Berita Lezatnya Sosis Bedug, Lebih Nikmat Saat Hangat



Posted on: 24 Mar 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Kalau sedang berkunjung ke daerah Pengging, Boyolali, jangan lupa coba Sosis Bedug. Camilan khas Pengging ini sangat legendaris dan terkenal hingga luar daerah. Sosis satu ini mempunyai cita rasa yang pas dan khas.

Bentuknya sama seperti sosis solo lainnya, namun soal isi dijamin bikin ketagihan. Daging sapi yang dicacah hampir lembut berpadu dengan bumbu rempah manis gurih menjadikan cita rasa sosis bedug yang recomended bagi kuliner traveler.

Dinamai sosis bedug, bukan karena bentuknya yang sebesar bedug. Namun menurut sejarah, pembuat sosis bedug generasi pertama, Mbah Karto berprofesi sebagai penabuh bedug masjid jaman Keraton Surakarta dipimpin Raja Pakubuwono XII.

"Makanya diberi nama bedug. Sekarang diteruskan generasi ketiga, namun rasanya tidak berubah. Masih asli," tutur Cucu Mbah Karto yang meneruskan usaha sosis bedug, Yuni, Jumat (23/03/2018).

Menurut Yuni, sosis bedug selalu diburu wisatawan luar daerah saat weekend ataupun musim liburan. Menurutnya, saat liburan bahkan dirinya sampai menolak order.

"Kalau hari biasa ya gak mesti. Cuma kalau pas libur, akhir pekan atau musim libur pasti sampai menolak order. Rata-rata yang beli adalah pelanggan setia termasuk yang dari luar kota. Banyak yang dari luar Kabupaten, bahkan luar Jawa Tengah," imbuhnya.

Saat bertandang ke kawasan Pengging, sangat mudah menemukan warung sosis bedug yang berada tepat di depan Pasar Pengging. Camilan nikmat ini pas disantap untuk menemani acara minum teh saat istirahat. Akan tetapi akan lebih lezat jika disantap saat masih hangat. Satu biji sosis bedug dibanderol dengan harga Rp 3000, harga pas untuk kelezatan yang didapat.

"Selain sudah menjadi langganan wisatawan luar daerah, sosis bedug ini juga selalu menjadi snack pilihan para menteri yang berkunjung di kawasan sekitar Pengging," urainya. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD