Berita Warga Desa Tlawong Antusias Sambut Program Diskon Pembayaran PBB



Posted on: 16 Mar 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Warga Desa Tlawong menyambut baik adanya program diskon atau potongan sebesar delapan persen untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) jika dilunasi sebelum 31 Mei 2018. Menurut mereka, potongan harga tersebut cukup meringankan beban nominal PBB yang harus mereka tanggung.

Salah satu warga RT 01 Desa Tlawong, Hidayati (48) mengaku senang jika program potongan harga tersebut diterapkan. Sebelumnya, Hidayati sempat kaget mengetahui jumlah nominal yang harus dibayarnya untuk PBB tahun ini.

"Saat mengetahui jumlah tagihannya mencapai Rp 200 ribuan, saya sempat kaget. Karena itu baru untuk PBB rumah, belum yang sawah. Tapi jika memang ada program potongan harga tersebut, ya lumayan membantu," paparnya, Kamis (15/03/2018).

Kendati demikian, Hidayati mengaku belum mendapatkan sosialisasi terkait program potongan harga tersebut. Dirinya hanya mendengarkan kabar tersebut dari omongan-omongan warga lain. Untuk itu, dirinya berniat untuk mencari informasi yang benar di Kecamatan Sawit.

"Ya, nanti kalau ada waktu saya akan mencari informasi yang benar terkait hal itu. Kalau benar, saya akan membayarnya sebelum tanggal 31 Mei," ujarnya.

Hal senada disampaikan warga RT 01 Desa Tlawong lainnya, Bekti (57). Menurutnya, program diskon pembayaran PBB sangat membantu jika diterapkan.

"Sampai sekarang memang belum ada pemberitahua soal itu. Tapi kalau ada, saya pasti langsung membayar sebelum tanggal 31 Mei, agar dapat potongan," tukasnya.

Sebelumnya, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Boyolalia melakukan sosialisasi terkait teknis pembayaran PBB tahun ini di seluruh Kecamatan. Salah satu sosialisasi digelar di aula Kantor Kecamatan Kemusu, pada Selasa (27/2/2018) lalu.

Melalui sosialisasi tersebut diketahui bahwa terdapat hadiah bagi Wajib Pajak yang membayar kewajibannya. Hadiah berupa satu unit rumah senilai 200 juta dan satu unit mobil senilai 130 juta yang akan diundi di tingkat kabupaten dan dua motor untuk diundi disetiap kecamatan disiapkan untuk warga yang membayar sebelum 31 Mei 2018.

Sementara itu untuk pembayaran lunas sebelum 31 Mei 2018, hadiah untuk desa 15 persen dari baku desa sebelum didiskon. Dan jika lunas sampai 30 September, besaran hadiah yaitu delapan persen dari baku desa. Namun jika belum lunas dan capaian sampai 80 persen, tetap mendapatkan hadiah empat persen dari baku desa. Sedangkan bagi masyarakat yang melakukan pembayaran PBB sampai dengan 31 Mei, akan mendapatkan diskon potongan sebesar delapan persen. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD