Berita Tlawong Jadi Pionir Bumdes Bimbel



Posted on: 09 Mar 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI- Pemerintah Desa Tlawong Kecamatan Sawit berencana menambah bidang dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). BUMDES Tlawong berencana membuka jasa bimbingan belajar untuk tingkat SD dan SMP.

Direktur BUMDES Tlawong, Wasono Joko Raharjo mengungkapkan, ide tersebut berangkat dari fakta di desa bahwa masih cukup banyak jumlah pengangguran di Desa Tlawong khususnya lulusan sarjana. Untuk itulah, pihaknya berencana akan memberdayakan sarjana-sarjana di Desa Tlawong yang belum memiliki pekerjaan.

"Rencananya nanti akan merekrut sarjana-sarjana khususnya yang belum memiliki pekerjaan. Tentu saja dengan harga jasa yang bersaing dengan bimbel di luar. Kami yakin potensi ini cukup menjanjikan karena sepengetahuan saya baru kali ini diterapkan di desa," paparnya, Jumat (9/03/2018).

Untuk mematangkan persiapan pembukaan Bimbel, lanjut Joko, pihaknya telah mencapai tahap perekrutan calon pendidik saat ini. Diharapkan Bulan Mei 2018 menjadi bulan dimulainya program bimbel.

"Saat ini dalam tahap persiapan, mulai dari persiapan tempat yang rencananya akan menggunakan gedung PAUD Desa Tlawong. Jadi pagi digunakan untuk PAUD, siang hingga malam untuk bimbel. Kami juga sudah melakukan identifikasi calon tutor atau pengajar, serta penyiapan aturan dan metode-metode pembelajaran," terang Joko.

Dikatakan Joko, beberapa hal menjadi pertimbangan bagi BUMDES Tlawong untuk membuka usaha di bidang pendidikan tersebut diantaranya untuk meningkatkan kualitas SDM desa agar ke depan saat bonus demografi terjadi, SDM desa sudah siap.

"Selain itu juga sebagai penyedia layanan pendidikan kepada masyarakat dimana BUMDES sebagai tangan panjang pemerintah yang ingin memberikan pelayanan pendidikan kepada warga yang murah, mudah dan cepat. Kami juga menangkap peluang karena semakin sulitnya pelajaran di tingkat SD dan SMP, serta menjalankan misi Kepala Desa dalam penguatan pendidikan di Desa Tlawong," tukasnya.

Sementara itu, beberapa usaha lain yang sudah dijalankan BUMDES Tlawong yaitu produksi beras dengan produk Beras Tanuraga, pemesanan snek, suplai alat tulis kantor dan foto copy.

"Melalui program-program yang dijalankan BUMDES Tlawong, kami harapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Melalui program ini juga diharapkan menjadi penguat ekonomi desa agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat, serta mengurangi pengangguran," imbuh Kepala Desa Tlawong, Joko Tria Wijiyanto. (awa)

Berita

Pengumuman

Link SKPD