Berita Bawaslu Berupaya Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat



Posted on: 24 Nov 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI - Kabupaten Boyolali merupakan salah satu dari 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020. Sebagai langkah untuk mempersiapkan segala hal, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Boyolali melakukan upaya untuk mengaktifkan pengawasan partisipatif masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Boyolali yakni dengan menyelenggarakan agenda Gelar Budaya di Lapangan Sendang; Kecamatan Karanggede pada Minggu (24/11/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Boyolali, Taryono mengharapkan dapat meningkatkan tingkat pengawasan partisipatif masyarakat. Terlebih Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, pengawasan masyarakat sudah berjalan dengan baik.

"Setelah ada sosialisasi peningkatan kesadaran berpolitik pada masyarakat, kesadaran masyarakat menjadi pengawas dalam Pemilu sehingga kita meminimalisir dari pelanggaran pelanggaran yang ada," terang Taryono.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sri Wahyu Ananingsih mengungkapkan tercatat hanya sekitar 20 persen dari laporan masyarakat yang masuk. Jumlah tersebut telah dilakukan penanganan oleh Bawaslu.

"Jadi ada sekitar 677 dugaan pelanggaran yang ditangani Bawaslu, 148 diantaranya hanya berasal dari laporan masyarakat," jelasnya.

Selebihnya, dari jumlah tersebut merupakan temuan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Oleh karenanya, dengan diselenggarakan gelar budaya diharapkan masyarakat aktif melakukan pengawasan partisipatif sekaligus melaporkan dugaan adanya pelanggaran. (dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD