Berita 30 Landak Jawa Dilepaskan di Gunung Merbabu



Posted on: 12 Nov 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Banyak dampak yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan di Gunung Merbabu beberapa waktu lalu. Salah satunya yakni dengan semakin sedikit populasi satwa yang berhabitat di gunung tersebut. Satwa endemik Gunung Merbabu mulai berkurang karena terjangan api yang meluluhkan separo badan gunung.

 

Untuk merestorasi kembali anasir-anasir ekosistem Merbabu yang sempat terganggu karena kebakaran hutan kemarin Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan pelepasliaran 30 ekor landak jawa atau Histrix javanica yg dilindungi Undang -Undang.

 

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indra Exploitasia mengatakan bahwa lokasi pelepasan sudah dikaji dan dipilih sendiri peneliti dr LIPI dengan tipologi habitat yg sesuai dengan kriteria tempat tumbuh landak.

 

“Areal pelepasan adalah kawasan Merbabu yang beberapa saat lalu terbakar hebat. Akibat kebakaran tersebut selain beragam tumbuhan, banyak satwa yang mati,” ujarnya.

 

Lokasi pelepasan landak dipilih di areal jurang yang sangat jauh dari ladang atau pemukiman penduduk. Lokasi pelepasan ada tiga tempat yaitu daerah Kecamatan Ampel; Kabupaten Boyolali dengan dua lokasi dan satu lokasi di Kecamatan Pakis; Kabupaten Magelang.

 

“Ketiga puluh landak tersebut merupakan landak hasil penangkaran dan sekaligus riset dari LIPI yang indukannya bersumber dari Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Umur landak yang dilepasliarkan sekitar 2 tahunan. Landak sudah diberi semacam chips atau GPS sehingga nanti secara reguler LIPI akan memonitor keberadaan landak tersebut,” ungkapnya.

 

Diharapkan pelepasliaran landak dapat memulihkan ekosistem Gunung Merbabu dan dapat melestarikan keberadaan jenis landak ini dari kepunahan di alam. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Foto Dok : Taman Nasional GN. Merbabu

Berita

Pengumuman

Link SKPD