Berita Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Esemka



Posted on: 06 Sep 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka. Pabrik yang di bawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi ini berada di Desa Demangan; Kecamatan Sambi ini resmi diluncurkan untuk memproduksi mobil dalam negeri pada Jumat (6/9/2019).

Pabrik ini berdiri diatas lahan seluas 115 ribu meter persegi dengan luas keseluruhan sebesar 12.500 meter per segi. Dilengkapi dengan ruang pamer (showroom), pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi, dengan jangka waktu selama 30 tahun masa sewa bangunan dan bisa diperpanjang.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menjelaskan dengan hadirnya pabrik Esemka di area Jawa Tengah merupakan perkembangan yang sangat baik untuk perekonomian di lingkungan sekitar pabrik.

"Esemka jadi pabrik mobil pertama di Jawa Tengah, karena biasanya basis produksi itu ada di Jawa Barat. Hadirnya Esemka tentu bisa memacu perindustrian dan ekonomi di wilayah ini dan Jawa Tengah, apalagi dengan penyerapan SDM yang berasal dari tenaga lokal," kata Airlangga.

Ditambahkan, untuk tahap awal, Esemka akan memproduksi dan bermain di segmen kendaraan niaga ringan. Yakni pikap seri Bima 1.2 dan Bima 1.3 yang dipasarkan di dalam negeri.

Sementara itu, Bupati Boyolali, Seno Samodro mendukung dengan peresmian pabrik Esemka. Menurut orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini, pihaknya akan memfasilitasi mobil produksi Esemka agar dapat digunakan sebagai mobil di pemerintahan desa.

“Boyolali akan memfasilitasi untuk desa desa untuk membeli ini. Kita fasilitasi ada gathering nanti namanya barang take and give nanti kalo cocok roda dan fungsi it’s alright. Saya yakin ini sukses,” ujar Bupati Seno.

Optimis bahwa mobil ini akan sukses dipasaran. Karena dikerjakan oleh tenaga kerja 200 hingga 300 orang dengan mampu memproduksi sebanyak 18.000 unit pertahun. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali).

Berita

Pengumuman

Link SKPD